KOMUNITAS PAPERCRAFT, CRAFT IS UNIQUE

 


Papercraft sendiri berarti seni membuat sebuah objek yang berbahan dasar kertas. Papercraft memakai cara menggunting, melipat, menempel, dan menyatukan beberapa lembar kertas dan bahan sehingga membentuk sebuah karya seni yang cantik dan unik. Alat dan bahan yang biasa digunakan adalah gunting, lem, dies cut, punch out, kertas motif, dan lain-lain. 


Komunitas papercraft berisikan orang-orang kreatif dengan minat yang sama. Berasal dari berbagai wilayah, latar belakang yang berbeda, pendidikan, dan usia. Yang menyatukan kami adalah kecintaan kami akan crafting. Aku belajar banyak dari komunitas papercraft. Setiap kali diadakan acara kopi darat (kopdar) maka kami akan membuat kreasi seperti scrapbook, mini album, dan kartu.  Kami juga saling belajar teknik lain seperti mixed media, decoupage, 3 Dimensi, membuat bunga, pewarnaan, dan re-cycling craft. Karya-karya itu dapat menjadi koleksi pribadi, hadiah, bahkan dijual. 


Biasanya kopdar akan dipandu oleh seorang teman yang sudah dianggap senior. Sebelum kopdar, tema dan alat-alat telah diinfo terlebih dahulu. Setiap anggota dapat menyiapkan dan wajib membawanya ketika kopdar. Akan sangat merepotkan kalau saling meminjam di hari H. Itu sudah rahasia umum 😊


Banyak kejadian seru ketika bertemu. Yang paling menyenangkan adalah melepaskan rindu satu dengan yang lain. Bercanda bersama, tukar-menukar alat craft, belanja tools, swap hasil karya, dan banyak lagi. Benar-benar menyenangkan. Ketika crafting kami biasanya akan lupa waktu. Ini adalah Me Time terbaik untuk setiap kami, terutama bagiku. Cocok sebagai sarana pelepas stress yang efektif. Komunitas ini mengajarkanku banyak hal, seperti kesehatian, saling menolong, sharing, kreatifitas, komitmen, kesabaran, dan banyak lagi. Komunitas ini memang mempunyai banyak nilai positif dan selalu mendatangkan rindu.


Kami tetap berhubungan baik walau tidak bertemu langsung. Kami sering membuat acara offline bersama, seperti swap, two weeks one project, sharing talents, donasi kartu-kartu handmade ke rumah sakit, dan panti asuhan.  Kami juga ambil bagian dalam menyiapkan kit ketika ada teman yang mengajar di desa atau mengajar anak-anak tidak mampu. Sungguh menyenangkan. Sebuah komunitas yang mempunyai nilai positif. Perlu diingat agar jangan pernah under-estimate skill dan hasil karya orang lain karena craft is unique

Salam kreatif 💖✨



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer